Thursday 13 October 2011

Berlatih Assanas (8) Surya Namaskar

8. Surya Namaskar
Sun Salutation


Surya Namaskar, atau Sun Salutation adalah rangkaian assanas yoga yang sangat populer, bukan hanya gerakannya yang mudah dipraktekkan, tetapi juga karena manfaat dari gerakan yang dilakukan terhadapselruh organ tubuh. Sangat baik dilakukan di pagi hari, mengingat nama yang diberikan untuk rangkaian gerakan ini.

Teknik:
Setelah menghapal gerakan-gerakan terdahulu (berlatih assanas 2-7) rangkailah semua gerakan itu menjadi satu kesatuan (11 steps) yang biasa dikenal dengan Astangassana :
  1. Tadassana, berdiri tegak dengan pandangan lurus ke depan 
  2. Namaskar, angkat kedua tangan lurus-lurus, seirig dengan iu lentingkan tubuh ke belakan, tetaplah membuka mata
  3. Paschimottassana, jatuhkan kedua tangan tepat di samping kaki, atau peluk lutut dan rapatkan tubuh pada kedua kaki (cium lutut)
  4. Salamba Sarvangassana, Lempar salah satu kaki ke belakang, kaki yang lain ditekuk, lentingkan badan, tangan berpijak di tanah (samping kaki), tahan beberapa saat, angkat pantat, lempar kaki yang lain ke belakang.
  5. Adomukha Svassan, rapatkan kedua kaki, lalu jinjit, dorong bahu ke arah dalam agar peregangan diseluruh bagian tubuh belakang menjadi sempurna
  6. Bhujangssana, 
  7. Adomukha
  8. Salamba Sarvangassana
  9. Paschimottassana
  10. Namaskar
  11. Tadassana


Teknik Nafas:
Sebelum menyertakan teknik nafas yang sebenar-benarnya, terlebih dahulu hapalkan gerakan demi gerakan, hingga dapat merangkainya menjadi satu kesatuan. (teknik nafas akan dibahas di chapter pranayama)

note: untuk pemula, bisa lakukan teknik nafas seperti berikut ini: 
setiap gerakan mengangkat kepala atau tangan, itu saat yang tepat untuk menarik nafas, dan sebaliknya, setiap gerakan kepala dan tangan ke bawah itu saat yang tepat untuk membuang nafas. Untuk mendapatkan manfaat yang optimal lakukan setiap hari pada jam yang sama (pagi hari) lakukan selama 20-30 menit, tentunya setelah melakukan pemanasan terlebih dahulu.

Manfaat: 
Astangassana Surya Namaskar sangat dinamis, seluruh bagian tubuh mendapatkan treatment melalui gerakan dan teknik nafasnya, terutama untuk memperbaiki postur, susunan tulang dari leher hingga kaki, begitu juga untuk sirkulasi darah, udara dan energi tubuh. 

~selamat berlatih~



1 comment:

  1. Untuk informasi ringkasnya kunjungi http://wayanrudiarta.blogspot.co.id/2014/12/yoga-surya-namaskara.html

    ReplyDelete